Cara Menjaga Kesehatan Saat Pandemi dengan Madu Alami

Cara Menjaga Kesehatan Saat Pandemi dengan Madu Alami

Tidak menjadi rahasia lagi jika kesehatan adalah hal utama yang terpenting bagi kehidupan manusia. Kesehatan menunjang segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Dengan tubuh yang sehat, mendukung Anda melakukan kegiatan sehari-hari tanpa hambatan. Namun, dengan maraknya wabah virus corona membuat sebagian orang merasa ketar-ketir dalam menjaga kesehatannya. Wabah virus corona menyebar dengan sangat cepat dan untuk menangkalnya diperlukan imunitas atau daya tahan tubuh yang bagus. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi madu karena madu dapat meningkatkan imunitas.

Menjaga kesehatan dengan madu alami dapat menjadi salah satu alternatif yang layak untuk dicoba. Pasalnya madu dapat secara aktif meningkatkan kekebalan tubuh bagi yang si pengkonsumsi.  Madu juga melengkapi gizi harian karena mengandung mikronutrien seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Berikut akan saya tuliskan beberapa manfaat madu dalam menjaga kesehatan selama pademi virus corona.

1. Madu Mingkatkan Imunitas

Madu telah dipercaya oleh masyarakat luas dalam meningkatkakn imunitas dan hal tersebut benar adanya. Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana Felecia Suganda, M.Kes, Sp.GK menjelaskan bahwa  madu selain mengandung mikronutrien juga mengandung vitamin C, B2, B3, B5, B6, dan B9. Sehingga dalam 1 sendok makan madu yang kita konsumsi dapat meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan di dalamnya.

2. Baik untuk Saluran Pencernaan

Manfaat lain dari madu yaitu baik untuk pencernaan karena terdapat FOS. FOS berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik di pencernaan. Hal tersebut membuat madu sangat efektif dalam menjaga ketahanan tubuh terutama saat pandemi karena 70% sistem imun tubuh dipengaruhi oleh kesehatan saluran pencernaan.

3. Mengobati Flu

Sumber Foto: unsplash.com

Beberapa peneltian menyatakan bahwa madu terbukti ampuh dalam mengobati flu terutama pada anak-anak. Dikutip dalam NDTV, madu mengandung banyak vitamin dan antioksidan penting yang diperkaya dengan berbagai vitamin seperti  C, D, E, K dan B kompleks serta beta karoten. Sering dijuluki sebagai antibiotik alami, madu punya manfaat untuk redakan batuk. Tidak hanya itu menurut Healing Foods, madu adalah pereda batuk yang sangat baik dan juga dapat membantu anak-anak memiliki pola tidur yang baik.

4. Detoksifikasi

Khasiat ampuh lain yang dimiiki oleh madu adalah mampu untuk mengeluarkan berbagai racun yang tersimpan dalam tubuh atau sebagai detoksifikasi. Madu dan air hangat memiliki efek detoksifikasi pada tubuh Anda. Ini membantu untuk mengeluarkan racun dari tubuh Anda, membuat kombinasi ini menjadi bahan pokok dalam diet detoksifikasi.

Gunakan madu alami untuk meningkatkan imunitas di kala pandemi. Madu asli aman untuk dikonsumsi sehari-hari bagi orang dewasa maupun anak-anak usia di atas 1 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *